Laporan
Metodologi Pengembangan Sains AUD
"Percobaan Telur Transparan"
Oleh:
Zia Rozami 1205089
Reguler Mandiri 2012
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
2013
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kehadirat Allah SWT. Salawat beserta salam tidak lupa penulis junjung tinggikan untuk Nabi Besar Muhammad SAW. Yang mana beliau telah bersusah
payah mengubah akhlak manusia dari zaman jahiliyah sampai kepada zaman yang
penuh dengan tekhnologi seperti saat
sekarang ini.
Dalam menulis laporan ini penulis menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini baik isi maupun penyajiannya jauh dari kesempurnaan,
karena masih terdapat kekurangan dan kesalahan,
karena keterbatasan penulis mohon saran dan koreksi dengan judul laporan “Percobaan Telur Transparan”. akhir kata tiada lain harapan penulis semoga laporan ini akan banyak manfaatnya.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Dalam beberapa tahun terakhir ini,
belajar Sains di berbagai sekolah di Indonesia menunjukkan hasil yang kurang
memuaskan. Ini menandakan penyadaran sains pada generasi mendatang masih harus
dilakukan secara terus-menerus. Sebab empat cabang ilmu yang sangat diperlukan
dalam pengembangan teknologi adalah fisika, kimia, biologi modern, dan
matematika. Keempat cabang ilmu inilah yang kemudian disebut sebagai sains.
Dalam pendidikan anak-anak usia
dini, peran orang tua sangat dominan. Sebab, sebagian besar waktunya ada di
rumah, meski selanjutnya pendidikan tetap berlangsung di rumah, sekolah, dan di
dalam masyarakat. Dengan demikian, orang tua mempunyai kewajiban pula dalam
menyadarkan peserta didik mengenai arti penting sains. Karena seorang anak jika
diperlakukan benar dapat berkembang lebih tinggi, hidup lebih baik, dan
berpikir lebih cemerlang.
b.
B. Rumusan masalah
1. Apa
itu sains dalam bentuk telur transparan?
2. Apa
hubungan percobaan telur transparan dengan perkembangan sains anak usia dini?
3. Bagaimana
prosedur percobaan sains dan hasilnya?
c.
C. Tujuan dan manfaat
1. Dapat
mengerti sains melalui percobaan transparan
2. Dapat
mengetahui hubungan percobaan telur telur dengan perkembangan sains anak usia
dini
3. Pendidik
dan anak didik secara langsung mengetahui bagaimana percobaan, dan reaksi apa
yang terjadi pada saat percobaan
4. Anak
akan lebih mudah bereksplorasi serta mengasah rasa ingin tahu anak
BAB II
PEMBAHASAN
a.
Sains dalam bentuk telur transparan
1. Pengertian
Telur transparan adalah
percobaan sains yang mengunakan telur dan cuka, kulit elur akan mulai terkikis
dengan zat yang ada pada cuka.
2. Hubungan
percobaan telur transparan dengan perkembangan sains anak usia dini
Dengan melakukan percobaan
ini, anak akan mengetahui bahwa zat yang terdpat pada cuka akan merusak kulit
telur, dimana dalam sehari-hari kita sering melihat cuka yang ada pada makanan,
dengan ini, kita mengajarkan kepada anak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang
mengandung cuka berlebihan.
Nilai
sains yang di dapat bagi perkembangan
dan pertumbuhan anak didik yaitu daya pikir dan imajinasi anak dalam mengajukan
suatu pertanyaan atau dengan mengajak anak untuk mengamati suatu pertumbuhan
hidup tanaman maka keterampilan anak akan berkembang.
b. Prosedur
percobaan
1. Alat
dan bahan
- Telur
ayam mentah
- cuka
2. Langkah-langkah
percobaan
- Rendam telor dalam cuka (cuka
glasial) selama 1-3 hari
- Amati apa yang terjadi, Setelah
diamati,,cuci bersih telor dari kulit kerasnya
c. Hasil
percobaan
Saat telor direndam dalam cuka, pada
permukaan telor akan timbul gelembung-gelembung kecil CO2hasil reaksi
asam-basa. dan bagian kulit telor yang keras mengandung 94% kalsium
karbonat (CaCO3) yang bereaksi dengan cuka (asam asetat). Sehingga menjadikan
kulit telor yang keras larut dalam cuka, dan akhirnya telor hanya dibungkus
oleh kulit arinya saja.